Sabtu, 15 Juli 2017

AIR TERJUN GURUN NIBUNG, WISATA TERSEMBUNYI KABUPATEN MELAWI

Untuk mencapai air terjun gurun nibung anda akan malalui perjalanan yang cukup melelahkan. pertama-tama anda melalui jalan beraspal. sesampainya di simpang buil, anda akan melewati jalanan batu berpasir. sepanjang melewati jalan batu berpasir di kanan-kiri jalan hanya ada pemandangan perkebunan sawit. terlalu banyak persimpangan, tapi jangan bingung. anda dapat mengikuti jalan yang terdapat tiang listrik, tiang listrik tersebut terhubung hingga ke kecamatan Belimbing. setibanya dikecamatan belimbing anda akan melewati jalanan berbatu-batu besar, jalan tanah, jalan setapak, hingga jembatan gantung yang bergoyang. Anda dapat menggunakan kendaraan roda empat, namun sampai di kecamatan belimbing. Kemudian untuk melanjutkannya hanya dapat dilalui menggunakan kendaraan roda dua. Sebaiknya sedari awal perjalana n dari kabupaten melawi sudah menggunakan kendaraan roda dua. Maklum tidak ada tukang ojek dari kecamatan belimbing menuju ke lokasi air terjun. 

Air Terjun ini belum terkelola sebagai tempat wisata, masih asli dan alami. tidak ada retribusi untuk menuju ke air terjun. meskipun begitu disarankan anda meminta warga sekitar untuk mengantarkan ke lokasi air terjun. karena tidak ada petunjuk arah dan akan melewati perkebunan warga sekitar untuk mencapai ke lokasi air terjun. anda dapat memberikan biaya jasa meskipun mereka tidak memintanya.

Objek wisata air terjun Gurun Nibung terletak di desa nanga raya dusun batu sembelimbing kecamatan Belimbing Hulu Kabupaten Melawi. Objek wisata ini dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua. Jarak tempuh dari ibu kota kabupaten 50 km. Air terjun gurun nibung memiliki ketinggian sekitar 70 m dengan kemiringan yang relatif curam.

Air Terjun Gurun Nibung
Foto: Ismail

Tidak lengkap rasanya jika mampir ke air terjun pobontan. Air terjun pobontan kondisinya lebih rendah. Air terjun ini lokasinya tidak jauh dari air terjun gurun nibung, Sekitar 500 m. air terjun ini berundak-undak dan memiliki debit air yang cukup besar, padahal kondisi sedang dalam cuaca kemarau. Bisa dibayangkan bukan debit air tersebut ketika musim penghujan tiba tentu debit air akan sangat besar. air terjun ini memiliki tempat yang asyik untuk bermain air atau berprosotan di bebatuannya dibandingkan dengan air terjun gurun nibung.

Air Terjun Pobontan
Foto: Ismail
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© 2011 Liburan Seru
Designed by Blog Thiet Ke
Posts RSSComments RSS
Back to top