Senin, 17 Oktober 2016

BUKIT KELAM, DESTINASI WISATA KABUPATEN SINTANG

Bukit Kelam, bukit setinggi 990 meter di atas permukaan laut (mdpl) merupakan destinasi wisata unggulan di kabupaten sintang. terletak di Desa Kebong Kecamatan Kelam Permai, sekitar 20 km dari Kota Sintang. Bukit ini sangat jelas terlihat dari Kota Kabupaten Sintang karena jaraknya yang memang tidak terlalu jauh. kurang lebih membutuhkan waktu 30 menit perjalanan dengan menggunakan kendaran bermotor. Bukit kelam juga disinyalir sebagai batu terbesar di dunia.

Baca Juga: https://dreamindonesia.me/2012/05/24/bukit-kelam-ternyata-adalah-batu-terbesar-di-dunia/



Bukit Kelam, sebagai batu Terbesar di dunia

saya sendiri sudah akrab dengan bukit kelam ini, karena tempat tinggal saya tidak jauh dari bukti kelam. berjarak kurang lebih 15 km atau 20 menit perjalanan menggunakan kendaran bermotor. sedari kecil, hampir setiap libur lebaran saya selalu mengunjungi bukit kelam tersebut. bahkan sekolah Menengah Pertama (SMP)ku berada di kaki bukit kelam. pemandangan menarik akan selalu tersaji jika hujan sedang berlangsung, karena akan ada pemandangan menarik, dimana akan ada banyak pemandangan air terjun yang mengalir sepanjang sisi bukit yang tinggi menjulang disertai suara gemuruh air. 

PENGELOLAAN  YANG BELUM MAKSIMAL
Memasuki kawasan Bukit Kelam, setiap pengunjung dikenakan retribusi. Pada hari-hari biasa dikenakan biaya Rp 5.000, hari libur Rp 10.000, sementara untuk hari libur hari raya antara Rp 15.000-Rp 20.000. Kunjungan wisatawan di Bukit Kelam akan mengalami peningkatan yang sangat signifikan terjadi pada libur hari besar seperti libur lebaran, libur hari raya natal maupun libur tahun baru. namun jika hari-hari biasa kunjungan relatif sepi. beberapa hal yang mengakibatkan hal tersebut dikarenakan belum adanya pengelolaan secara maksimal. tidak tersedianya wahana permainan mengakibatkan rendahnya kunjungan ke kawasan wisata bukit kelam. 

meskipun bukit ini tidak terlalu tinggi, bukit kelam menjadi salah satu bukit yang wajib untuk di daki. trak pendakian dibukit kelam juga memiliki ciri khas, menantang dan dapat memacu adrenalin.

PENCAPAIAN
Untuk mencapai Bukit Kelam, dapat melalui jalur darat maupun jalur udara jika ditempuh dari Kota Pontianak. Perjalanan darat dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda dua, roda empat maupun angkutan umum (BUS). Waktu tempuh yang dibutuhkan yaitu 6 hingga 8 jam. Jika ingin lebih cepat dapat menggunakan jalur udara yakni dengan menggunakan pesawat yaitu hanya membutuhkan waktu 30 menit.


Perjalanan dari Kota Pontianak ke Kabupaten Sintang
Sumber: Google Maps

Untuk mencapai ke lokasi Bukit kelam, dari Kabupaten Sintang membutuhkan waktu tempuh 30 menit perjalanan darat. Jika cuaca sedang bagus, anda dapat melihat Bukit Kelam dari Kabupaten Sintang atau selama perjalanan anda akan disuguhkan menarik pemandangan bukit kelam.

Perjalanan Kabupaten Sintang ke Bukit Kelam
Sumber: Google Maps


Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© 2011 Liburan Seru
Designed by Blog Thiet Ke
Posts RSSComments RSS
Back to top