Senin, 17 Oktober 2016

CANDI IJO, CANDI TERTINGGI DI YOGYAKARTA


Candi Ijo adalah salah satu candi yang berada di Yogyakarta. lokasi candi berada di daerah perbukitan yaitu di Kecamatan Prambanan. Menurut beberapa artikel yang saya baca, nama Candi Ijo ini diambil dari nama perbukitan tersebut yaitu Bukit Ijo. Candi Ijo berada di ketinggian 357, 402 - 395, 471 meter diatas permukaan laut (mdpl) sehingga Candi Ijo disebut sebagai candi tertinggi di Yogyakarta.

Baca Juga http://www.njogja.co.id/sleman/candi-ijo-kalasan/

Dari beberapa kali perbincangan saya bersama teman yang sore itu membawa saya, Candi Ijo akan ramai dikunjungi pada sore hari. selain karena kondisi yang sudah tidak terlalu terik, Candi Ijo adalah lokasi yang sangat bagus untuk menikmati sunset. Selain Candi Ijo, sebenarnya juga terdapat lokasi yang bagus untuk menikmati sunset yaitu di Candi Ratu Boko yang lokasinya tidak jauh dari Lokasi Candi Ijo. 

Jarak menuju ke Candi Ijo dari Kota Yogyakarta tidak terlalu jauh, dibutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk mencapai ke Candi Ijo. untuk mencapai ke lokasi candi anda harus melalui jalan yang menanjak. diperlukan kendaraan yang prima terlebih rem pada kendaraan anda harus sangat baik. Kondisi rem yang buruk disarankan untuk tidak naik menuju ke Candi Ijo karena akan membahayakan diri anda sendiri maupun orang lain. 

Setibanya di parkiran kendaraan yang berada diseberang Candi Ijo jelas sangat terlihat bahwa jumlah pengunjung sudah ramai. Memasuki kawasan Candi Ijo tidak dipungut biaya, hanya perlu mengisi biodata sudah dapat memasuki kawasan Candi. Setibanya di dalam komplek candi, benar saja sudah ramai dengan pengunjung. Komplek Candi Ijo sendiri tidak begitu luas, dengan kontur yang berundak-undak. Tempat yang banyak menarik perhatian tentu saja bangunan Candi yang berada di puncak. dengan kondisi rumput yang hijau membuat pengunjung untuk tidak sungkan-sungkan duduk maupun berbaring di atas rumput. Banyak pengunjung yang telah siap dengan kamera DSLR maupun kamera HP untuk mengabadikan momen. terdapat juga pengunjung yang duduk-duduk menikmati sunset dan pemandangan kota Yogyakarta. pengunjung juga sangat beragam, ada yang bersama keluarga, saudara, teman, maupun pacar. 


salah satu sudut di Candi Ijo
Foto: Eko Ganang
.
Sore itu saya dan teman saya tidak dapat melihat sunset dikareanakan sore itu dalam kondisi yang berawan. meskipun begitu tak sedikitpun ada rasa kecewa, karena pemandangan yang disuguhkan dari Candi Ijo tidak hanya sunset, tetapi juga menyuguhkan pemandangan tebing khas perbukitan.

Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© 2011 Liburan Seru
Designed by Blog Thiet Ke
Posts RSSComments RSS
Back to top